TEORI-TEORI MANAJEMEN, PROFIL DAN ANALISIS PERUSAHAAN

I. Teori-Teori Manajemen

Teori Manajemen berkembang dengan sangat cepat terutama dengan adanya berbagai studi yang dilakukan oleh banyak perguruan tinggi yang kemudian menghadirkan berbagai teori manajemen dari beberapa aliran. Umumnya, beberapa menyebutkan teori-teori manajemen bisa dikelompokkan ke dalam 6 aliran teori manajemen:
  1. Aliran Klasik
    Aliran Klasik mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen. Perhatian dan kemampuan manajemen diarahkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
  2. Aliran Perilaku
    Aliran ini juga sering disebut aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia. Aliran ini menggunakan disiplin ilmu psikologi dan sosiologi dalam menerapkan teori-teorinya.
  3. Aliran Manajemen Ilmiah
    Aliran ini menggunakan ilmu matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teori-teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.
  4. Aliran Analisis Sistem
    Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain dalam mengembangkan teorinya. Contohnya, bagian kepegawaian mengatakan bahwa keberhasilan dalam memotivasi pegawai akan meningkatkan keuntungan perusahaan. Menurut aliran ini, memotivasi pegawai akan dilihat hubungannya dengan kesejahteraan, penggajian, jam kerja, jaminan hari tua, dan faktor lainnya.
  5. Aliran Manajemen Berdasarkan Hasil
    Aliran manajemen berdasarkan hasil (management by objective) diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal tahun 1950-an. Aliran ini memfokuskan pemikiran pada hasil-hasil yang dicapai, bukan pada interaksi kegiatan karyawan.
  6. Aliran Manajemen Mutu
    Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan (konsumen). Oleh karena itu, fokus utama aliran manajemen mutu adalah pelanggan, sebagai pihak yang berhak mengatakan apakah barang atau jasa yang dihasilkan bermutu atau tidak.
II. Profile PT Bank CIMB Niaga Tbk.
britama.com, Bank CIMB Niaga Tbk (dahulu Bank Niaga Tbk) (BNGA) didirikan 04 November 1955. Kantor pusat Bank CIMB Niaga berlokasi di Jl. Jend. Sudirman Kav. 58, Jakarta.

Saat ini Bank CIMB Niaga memiliki 157 kantor cabang, 718 kantor cabang pembantu, 39 kantor pembayaran, 30 unit cabang Syariah dan 526 kantor layanan Syariah.

Sejak berdirinya, BNGA telah mengalami 4 (empat) kali penggabungan usaha (merger), yaitu:
  1. Tanggal 22 Oktober 1973 dengan PT Bank Agung;
  2. Tanggal 30 Novermber 1978 dengan PT Bank Tabugan Bandung;
  3. Tanggal 17 Oktober 1983 dengan PT Bank Amerta; dan
  4. Tanggal 1 November 2008 dengan Bank Lippo Tbk.
Pemegang saham mayoritas / pengendali BNGA adalah CIMB Group Sdn Bhd (Malaysia), dengan kepemilikan 96,92%. CIMB Group Sdn Bhd dimiliki seluruhnya oleh CIMB Group Holdings Berhad. Pemegang saham mayoritas CIMB Group Holdings Berhad adalah Khazanah Nasional Berhad (29,90%). sedangkan Khazanah Nasional Berhad adalah entitas yang dimiliki oleh Pemerintah Malaysia.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Bank CIMB Niaga adalah melakukan usaha di bidang perbankan, dan melakukan kegiatan perbankan lainnya berdasarkan prinsip Syariah. Bank CIMB Niaga mulai melakukan kegiatan perbankan berdasarkan prinsip Syariah pada tanggal 27 September 2004.

Pada tanggal 02 Oktober 1989, BNGA memperoleh pernyataan efektif dari BAPEPAM-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham BNGS (IPO) kepada masyarakat sebanyak 5.000.000 dengan nilai nominal Rp1.000,- per saham dengan harga penawaran Rp12.500,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 29 November 1989.

Catatan: Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 29 tahun 1999 tentang Pembelian Saham Bank Umum Pasal 4 Ayat 2 dan 3, yang antara lain menetapkan bahwa saham bank hanya boleh tercatat di Bursa Efek sebanyak-banyaknya 99%.

III. Analisis Perusahaan

Setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengembangkan strateginya agar dapat bertahan hidup, berkembang dan berdaya saing dalam era globalisasi serta persaingan bebas ini. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan agar bisa bertahan atau bahkan berkembang adalah dengan melakukan merger dan akuisisi. Strategi tersebut didukung pula dengan kebijakan kepemilikan tunggal (single presence policy/SPP) yang telah dikeluarkan Bank Indonesia.

Kinerja keuangan perusahaan yang telah melakukan tindakan merger perlu diukur dari efisiensinya diproksikan dengan beberapa tolak ukur yang tercermin di dalam keuangan agar diketahui tingkat keberhasilan dari keputusan tersebut. Pengukuran kinerja tersebut dilihat dari rasio-rasio keuangan seperti CAR, NPL, LDR, ROA dan PER. Objek penelitian dalam studi ini adalah perusahaan perbankan yang telah melakukan merger yaitu PT. Bank CIMB Niaga Tbk. Metode dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komperatif deskriptif dan data sekunder. Data-data tersebut diambil dari laporan keuangan triwulan PT. Bank CIMB Niaga Tbk. sebelum dan setelah di merger selama periode Tahun 2006 sampai dengan Tahun 2010.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. CIMB Niaga Tbk. setelah melakukan tindakan merger cenderung mengalami penurunan, namun penurunan tersebut tidak terlalu besar, hal tersebut dimungkinkan karena dampak penyesuaian setelah merger. Walaupun pada rasio NPL mengalami peningkatan lebih baik dari pada sebelum merger. Sehingga dapat disimpulkan bahwa merger jika diteliti dalam jangka waktu dekat masih belum dapat mempengaruhi kinerja keuangan dan memberikan dampak yang lebih baik bagi perusahaan yang telah melakukan tindakan merger tersebut. Maka perusahaan yang terkait dalam aktivitas ini perlu terus melakukan penyesuaian, perbaikan kinerja, dan menggabungkan keunggulan-keunggulan yang semula telah dimiliki oleh masing-masing pihak dengan tujuan untuk mencapai suatu sinergi dari merger dapat tercapai dan nilai perusahaan semakin meningkat.


Nama  : Ahmad Fajar Kurnia
Kelas  : 1DB02
NPM   : 30115324


Sumber:
https://belajarmanagement1.wordpress.com/teori-teori-manajemen/
http://www.britama.com/index.php/2012/10/sejarah-dan-profil-singkat-bnga/
http://pustaka.unpad.ac.id/archives/91333/

Comments

Popular Posts